Senin, 18 Juli 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP) YANG BERMUATAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
YANG BERMUATAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI

Satuan Pendidikan      :   SD
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                           :   VI (enam)
Semester                      :   II (Dua)
Jumlah Pertemuan       :   2 X (4 X 35 menit)


I.                   Standar Kompetensi         :   3    Memahami peran Indonesia dalam lingkungan Negara-negara di Asia
Ternggara
II.                Kompetensi Dasar             :   3.1   Menjelaskan pengertian kerja sama Negara-negara Asia Tenggara.

III.             Indikator
Pertemuan Pertama :
·         Menyebutkan pengertian kerjasama Negara-negara ASEAN.
·         Mendeskripsikan nama tokoh pendiri ASEAN.
·         Mengidentifikasi negarA-negara anggota ASEAN.
·         Menjelaskan arti lambang ASEAN.
·         Menyebutkan nama-nama sekjen ASEAN (dari pertama sampai terakhir)
·         Menyebutkan tugas pokok sekretariat nasional ASEAN.
Pertemuan Kedua :
·         Menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik.
·         Mendeskripsikan contoh bentuk kerjasama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi.
·         Mendeskripsikan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan social satu sama lain.
·         Menjelaskan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan Negara anggotanya.
·         Mengintegrasikan nilai tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.

Integrasi Pendidikan Antikorupsi :
·         Sesuai petunjuk dalam Modul Pendidikan Antikorupsi dari KOmisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk SD kelas VI.

IV.             Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ekspositori, eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi, siswa dapat/ mampu :
1.      Menyebutkan pengertian kerjasama Negara-negara ASEAN.
2.      Mengidentifikasi nama para tokoh pendiri ASEAN.
3.      Menjelasakn Negara-negara anggota ASEAN.
4.      Menganalisis arti lambang ASEAN.
5.      Mengidentifikasi nama para tokoh yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
6.      Menganalisis tugas pokok sekretariat nasional ASEAN.

Pertemuan Kedua :
Melalui kegiatan sekpositori, eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi, siswa dapat/ mampu :
1.      Menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang ekonomi.
2.      Mendeskripsikan contoh bentuk kerjasama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi.
3.      Menganalisis upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
4.      Mendeskripsikan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan Negara anggotanya.
5.      Membuat kliping dengan teman kelompoknya masing-masing.
6.      Menerapkan sikap tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.


V.                Materi Ajar
1.      Sejarah ASEAN
2.      Lambang ASEAN
3.      Tujuan pokok pembentukan dan prinsip utama ASEAN.
4.      Dasar-dasar kerjasama untuk mencapai tujuan pokok
5.      Struktur secretariat ASEAN.
6.      Kerjasama ASEAN (Poleksosbud)
7.      Sikap tanggung jawab

VI.             Alokasi waktu :
Pertemuan Pertama :   2 X 35 Menit
Pertemuan Kedua   :   2 X 35 Menit

VII.          Metode Pembelajaran
·         Pendekatan kontekstual
·         Pendekatan Cooperatif Learning.
·         Diskusi kelompok
·         Tanya jawab
·         penugasan

VIII.       kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Tahap Kegiatan
Aktivitas Siswa/ Guru
A.    pendahuluan (10 menit)
1.      guru mengamati kebersihan dan keterbiban kelas serta melakukan pengecekan kegadiran siswa.
2.      Guru menyampaikan pokok bahasan dan tujuan pembelajaran yang inin dicapai.
3.      Apersepsi : Tanya jawab tentang kerjasama di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan Negara.

B.     Inti
(50 menit)
1.      Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca, guru menunjuk siswa secara bergiliran untuk membaca materi kerjasama antarnegara di Asia Tenggara.
2.      Guru menunjukkan peta Asia Tenggara dan meminta semua siswa mengamati letak Negara-negaranya.
3.      Bersama-sama menyebutkan nama-nama Negara ASEAN beserta ibu kotanya.
4.      Bersama-sama menyebutkan pemimpin Negara ASEAN.
5.      Guru menjelaskan sejarah ASEAN.
6.      Guru menunjukkan lambang ASEAN dan meminta seluruh siswa untuk mengamatinya.
7.      Guru menjelaskan arti lambang ASEAN
8.      Membahas struktur ASEAN.
9.      Guru dan siswa menggambar peta ASEAN dan lambangnya.
10.  Guru bersama siswa membuat rangkuman.
C.     Penutup
(10 menit)
1.      Guru menyimpulkan kembali tentang inti pembelajaran dengan mempertegas kembali makna tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Evaluasi : Tanya jawab secara lisan tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan, untuk mengetahui ketercapaian indicator.
3.      Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan salam.

Pertemuan Kedua
Tahap Kegiatan
Aktivitas Siswa/ Guru
A.    Pendahuluan
(10 Menit)
1.      Guru mengamati kebersihan dan ketertiban kelas serta melakukan pengecekan kehadiran siswa.
2.      Guru menyampaikan pokok bahasan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
3.      Apersepsi : Tanya jawab tentang meteri pelajaran minggu lalu tentang kerja ASEAN.
B.     Inti
(50 menit)
1.      Ekspositori
Guru memberikan contoh-contoh kerjasama ASEAN dalam berbagai bidang seperti bidang, politik, ekonomi, social budaya, pendidikan, dan pertahanan dan keamanan.
2.      Eksplorasi
Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok, dengan tugas sebagai berikut :
a.       Kelompok 1 :  dampak ASEAN bagi Negara anggota di bidang politik.
b.      Kelompok 2:  dampak ASEAN bagi Negara anggota di bidang ekonomi.
c.       Kelompok 3 :  dampak ASEAN bagi Negara anggota di bidang social budaya.
d.      Kelompok 4 :  dampak ASEAN bagi Negara anggota di bidang pendidikan.
e.       Kelompok 5 :  dampak ASEAN bagi Negara anggota di bidang pertahanan dan keamanan.
3.      Elaborasi dan konfirmasi :
a.       Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya,dan kelompok lain menanggapi.
b.      Guru mengklarifikasi apabila timbul permasalahan dan melakukan pelurusan.
c.       Guru mengintegrasikan nilai tanggung jawab dalam dalam menyikapi berbagai dampak ASEAN bagi Negara-negara anggota dalam berbagai bidang.
d.      Guru bersama siswa membuat rangkuman.

c. penutup
(10 Menit)
1.      Guru menyimpulkan kembali tentang inti pembelajaran dengan mempertegas kembali makna tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Menugaskan kepada siswa secara individu untuk membuat kliping yang berhubungan dengan kerjasama ASEAN dalam berbagai bidang.
3.      Evaluasi : Tanya jawab secara lisan tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan untuk mengetahui ketercapaian indicator.
4.      Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan salam.


IX.             Penilaian
1.      Tes lisan, penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
2.      Non Tes :
a.       Tugas individu
b.      Tes perbuatan





X.                Alat, Media dan Sumber Belajar :
1.      Buku sekolah elektronik (BSE) mata pelajaran PKn SD kelas VI
2.      Modul Pendidikan Nilai-nilai Antikorupsi
3.      Buku-buku lain yang relevan
4.      Gambar lambang ASEAN.
5.      Peta ASEAN.
6.      Surat Kabar




Mengetahui,         
Kepala Sekolah,                                                                                        Guru PKn Kelas VI                                                                     

1 komentar:

  1. Nggak sekalian dengan Instrumen Tes nya Bu di tulis.

    BalasHapus